Dana Beasiswa PPA Membeku sampai Bulan November

Dana beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) untuk 134 mahasiswa/i UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tak kunjung cair. Di dalam dokumen petunjuk teknis (juknis) tertulis bahwa pencairan dana dilakukan mulai tanggal 21 Oktober 2019. Namun, sudah lebih dari dua minggu pasca pengumpulan nomor rekening, calon penerima beasiswa belum juga mendapatkan informasi lebih lanjut perihal pencairan dana (8/11).

Nadhia Fisabilillah, salah satu calon penerima beasiswa menyayangkan keterlambatan pencairan dana tersebut. “Kita ada hak untuk segera mendapatkan beasiswa itu lho,” ucapnya. Tak hanya itu, Nadhia merasa manajemen waktu dari pihak Kemahasiswaan kurang baik. Nadhia pun menyesalkan tidak adanya pemberitahuan perihal keterlambatan ini oleh pihak Kemahasiswaan.

Senada dengan Nadhia, Dwi Sakiya Nisvi yang juga merupakan calon penerima beasiswa berpendapat bahwa pihak kemahasiswaan seharusnya menginformasikan kepada penerima beasiswa tentang kendala yang terjadi. “Toh calon penerima beasiswa sudah menyerahkan email dan nomor, ya kabari dong,” ujar perempuan yang akrab disapa Nisvi.

Calon penerima beasiswa lainnya, Sa’ad Ubaidillah merespon, “Ya mangkel, nggak sesuai sama pengumuman di juknis,”ujarnya. Sa’ad mengaku dana tersebut akan digunakan untuk kebutuhan kuliah, “Kebutuhan kuliah, disamping itu untuk bayar kos, dan kebutuhan pangan sehari-hari,” jelasnya.

Saat dimintai tanggapan, Fahudi, staf kemahasiswaan yang mengelola administrasi beasiswa menjelaskan penyebab terlambatnya dana beasiswa keluar. Ada sepuluh calon penerima beasiswa yang rekeningnya tidak aktif. “Baru selesai perbaikan rekening itu kemarin sore (06/10) dan pada hari Jum’at mendatang akan dilakukan proses pengajuan Surat Keputusan (SK) penerima untuk proses pencairan,” ungkapnya. Fahudi juga meminta maaf atas keterlambatan pencairan dana beasiswa PPA 2019. Ia berusaha untuk dana bisa keluar pada bulan November. “Ini harus segera kami selesaikan, mengingat sudah mau tutup buku dan akhir tahun,” tutupnya []

Leave a Reply