Gunawan: “Cita – cita Widji Thukul belum selesai”

Jumat (03/02), pemeran Widji Thukul, Gunawan Maryanto mengisi Sarasehan Budaya yang berlangsung di Wisma Kalimetro, Jalan Joyosuko metro, Malang. Acara yang  bertema “ Widji Thukul,  kemana sang penyair kerakyatan” tersebut merupakan  tindak lanjut dari acara nonton bareng film Istirahatlah kata-kata yang baru digelar di Malang sehari sebelum sarasehan. Namun, Yani anggota komunitas lensa mata berpendapat bahwa apa yang diperjuangkan Widji Thukul dan teman-temannya masih belum selesai. “aparat kita sampai saat inipun masih anti kritik dan masih represif dengan rakyatnya sendiri” imbuh Yani.

Hal ini juga tercermin pada kasus pembubaran diskusi yang dilakukan oleh Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Albar kafe, Malang(29/9/16) dan pembubaran pemutaran film yang dilaksanakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yogyakarta (03/05/16).

Menurut Gunawan sendiri film istirahatlah kata-kata merupakan salah satu cara untuk  merawat ingatan tentang Widji Thukul. “Film ini hanya sebagai pengingat”, ujar Gunawan. Ia juga mengatakan apa yang berlangsung hari ini merupakan salah satu bentuk kebebasan berpendapat. “Kebebasan berpendapat merupakan salah satu yang  diperjuangkan oleh Widji Thukul dan aktivis lainnya, sehingga rezim Orde Baru bisa tumbang” imbuh Gunawan.

Widji Thukul sendiri merupakan salah satu aktivis yang berjuang dengan puisinya dan dihilangkan  secara paksa saat kerusuhan Kudatuli pada tahun 1998. “Widji Thukul adalah bagian dari 13 aktivis yang hilang pada tahun 1998, ”terang Utomo Raharjo, orangtua Bimo Petrus salah  satu dari 13 aktivis yang hilang tersebut.

Masih adanya sikap anti kritik dan pembatasan kebebasan berekspresi membuat karya-karya Widji Thukul masih layak untuk diingat. “kritik pasti ada, setiap rezim membutuhkan lawan yang membutuhkan kritik, saya rasa puisi Widji Thukul masih relevan , penindasan masih ada, represi masih ada , artinya itu belum selesai , cita-cita yang di idealkan oleh Widji Thukul itu belum terjadi,” pungkas Gunawan. [Siti Romlah]

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

Leave a Reply