Jadwal Terlalu Pagi, Maba Bergelimpangan

Pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, pada dua hari pelaksanaan senin (14/8) dan selasa (15/8) diwarnai dengan beberapa mahasiswa baru yang pingsan. Tercatat ada lebih dari 50 mahasiswa baru yang pingsan selama pelaksanaan PBAK. Setelah dikonfirmasi pada pihak KSR-PMI selaku petugas kesehatan, faktor utama mahasiswa baru banyak yang pingsan dikarenakan belum sarapan. Jadwal PBAK yang terlalu pagi menyebabkan mahasiswa baru belum sempat sarapan. “Mending dikasih waktu sarapan sampai jam setengah tujuh untuk makan roti,” ujar Suibah, salah satu anggota KSR-PMI.

Firdaus, salah satu Mahasiswa Baru mengatakan jika mereka harus sudah bersiap-siap dari shubuh dan harus menunggu di Masjid Tarbiyah sampai jam 06.00 WIB. “Gak boleh balik ke ma’had untuk beli sarapan,” ucapnya. Ia juga mengatakan bahwa jadwal PBAK yang simpang siur membuat mereka bingung dan tidak bisa membuat persiapan dengan baik.

Menanggapi hal ini, Ibrahim selaku salah satu Steering Committee (SC) dari pelaksanaan PBAK mengatakan bahwa konsep acara dari SC sudah benar-benar mempertimbangkan waktu untuk makan dan sholat bagi mahasiswa baru. mereka juga telah berkoordinasi dengan kemahasiswaan dan Ma’had. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat masalah dan miskomunikasi sehingga terkait masalah ini sedang dievaluasi lagi.

“Yang pasti konsep dari kita mengutamakan waktu untuk sholat dan makan dan itu bisa dilihat di rundown acara, kami dari SC minta maaf bila dalam pelaksanaannya terdapat trouble sehingga SC langsung turun dan mengkondisikan,” tutur Ibrahim.

Mengenai hal ini, Wakhid Tulus, selaku ketua KSR-PMI, mengatakan telah menginformasikan kepada pihak panitia, pendamping, hingga kemahasiswaan agar menyediakan waktu makan untuk mahasiswa baru. “Pihak panitia dan pendamping merespon dengan baik sehingga pada hari kedua disediakan makan untuk mahasiswa baru,” ujar tulus. [ Fatichatul Azekiyah Syafridah]

 

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

Leave a Reply