Janji LPSI, Demi SIAKAD Lancar

Lembaga Pengembangan Sistem Informasi (LPSI) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, tahun 2013 siap menjanjikan penambahan server baru untuk mengurangi beban dari mesin database yang sudah ada. Hal itu diungkapkan oleh Zainal Abidin selaku kepala dari LPSI. “Insya Allah nanti sudah mau kita belikan mesin (server). Akan kita khususkan siakad ke satu server.”

Sampai berita ini diturunkan, server database yang sudah ada masih mencampur beberapa database. Seperti halnya database Sistem Akademik (SIAKAD) masih tercampur dengan database dari website UIN Maliki Malang dan lain sebagainya. Hal itulah yang mengakibatkan terjadi kendala tidak lancarnya dalam pemrograman studi kuliah. Zainal menambahkan banyaknya orang yang mengakses ke database secara bersamaan menjadi kendala lainnya, Hal ini karena tidak hanya mahasiswa saja yang mengakses, namun juga pegawai, dosen, dan pihak bank yang terkait dengan pembayaran SPP mahasiswa.

Dana yang telah disiapkan untuk penambahan server tersebut berkisar pada angka 100 juta. “Uang itu paling tidak bisa mendapatkan satu atau dua buah mesin baru,” ungkap Zainal. Dengan penambahan jumlah server tersebut, ia mengharapkan pemrograman studi semester depan berjalan dengan lancar. Hal ini pun disambut gembira oleh Nurika Nadhifatul, mahasiswi Teknik Informatika angkatan 2012. “Ide yang bagus itu, supaya gak ada lagi yang kecewa waktu Kartu Rencana Studi (KRS)-an.”

Nurika juga menyatakan sempat dibuat frustasi karena macetnya SIAKAD. “Udah mulai ngakses SIAKAD dari malam, tapi ditunggu-tunggu tetap nggak bisa. Frustasi rasanya. Mau gak mau harus tetap ditunggu.” Namun perasaan frustasi nampaknya tidak hanya dirasakan oleh Nurika saja, mahasiswa lainnya pun merasakan hal yang sama, hal tersebut diungkapkan di situs jejaring pertemanan social, facebook:

-             siakad kamu kok manja che, gtw mata udah layu gini ;(

-             gagh muncul” cich .,.sampek kpn q menunggu u ,.,.,

-             error mulu, aaaaaaaaaahhhhhhhhh!!!!

-             cciieeeeeeeeeee digantungin KRS ciieeeee, atit yaaaa hhmmmmm

-             hem,,siakad rasa ayam goreng.

-             Mending di PHP’in pacar dari pada di PHP’in SIAKAD =))

-             Akhirnya bisa senyum juga setelah td nangis gara2 siakad gak bisa..huftt.

Ungkapan di atas dinamai 7 status siakad terbaik, terunik dan terekspresif versi Agus Tri Maulidyanto. Ia mengumpulkan beberapa status tersebut dalam satu statusnya yang ia upload di group MABA UIN Maliki Malang 2013, pada hari Senin pukul 19:00 WIB.[Salis Fahrudin]

 

Leave a Reply