Khotmil Quran Sepi

Khotmil qur’an, acara rutinan yang dilaksanakan Mahasantri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) tiap akhir bulan pada malam jumat, kini sepi dengan kosongnya sebagian bangku tribun (27/3).

Jumlah mahasantri yang mengikuti kegiatan khotmil semakin sedikit, di tegaskan oleh Abdul Wahid, panitia khotmil Quran “Apapun pasti ada seleksi alam, ini yang mencontohkan bahwa yang berada disini adalah jiwa-jiwa yang ikhlas jiwa islami untuk mengikuti kegiatan khotmil qur’an”. Ujarnya

Wahid pun menambahkan Mahasantri umumnya berasal dari kalangan pondok, hanya sebagian saja yang dari SMA maupun SMK. “Hal tersebut membuat kurang antusiasnya mereka untuk mengikuti khotmil” ujarnya.

Jadwal kegiatan yang penuh menjadi alasan mahasantri kurang bersemangat. “Disini terlalu banyak kegiatan pagi kuliah, siang PPBA dan malamnya masih harus disini sampe malam belum lagi harus mengerjakan tugas reguler.” Ungkap Yunita, mahasantri mabna Fatimah Az-Zahra.

Tersitanya waktu tentu menjadi keluhan bagi mahasantri. Mahasantri juga merasa lelah dengan kegiatan ma’had “pagi hingga malam selalu ada saja kegiatannya” tambah Yunita.

Ahmad, mahasantri Al-Ghozali II menilai kegiatan khotmil membosankan dan sifanya memaksa karena adanya absensi dan hukuman untuk yang tidak hadir, “Mengaji di masjid lebih baik dari pada ngaji di khotmil” ujarnya. [Aniek Nurul K.]

Leave a Reply