Lagi-lagi, Kampus Tak Danai Mahasiswa

foto-liputan
Aksi Sosial di depan Fakultas Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (3/11).

         Selasa (3/11), puluhan mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan aksi sosial yang di depan gedung Fakultas Syariah. Aksi sosial tersebut dilaksanakan terkait keberangkatan tiga mahasiswa Fakultas Syariah yang akan pergi ke Universitas Indonesia (UI) di Jakarta (5/11), yakni Azmi Amirullah, Hikam Hulwanullah dan Firda Aulia R. Ketiga mahasiswa semester III tersebut akan melaksanakan presentasi terkait perlombaan esai yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)UI. Namun, Azmi mengaku tidak mendapatkan dana untuk keberangkan. “Kita nggak dapat dana dari fakultas, katanya karena ada pemblokiran dana nasional dari pemerintah,” ujar Azmi.

  Aksi dilaksanakan dengan orasi, pembagian selebaran terkait kasus tersebut, juga penggalangan dana. Hikam memaparkan bahwa sebelumnya, ia dan kedua temannya telah berusaha berkonsultasi dengan Saifullah, Ketua Jurusan (Kajur) Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah.Ia pun merasa kecewa karena tidak mendapatkan tanggapan yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Tidak ada dana apapun yang mereka dapatkan. “Pak kajur bilang kalau dana dibekukan,” ujar Azmi terkait alasan yang diberikan oleh Saifullah.

  Ia juga sempat berkonsultasi dengan Mujaid Kumkelo selaku Kepala BagianKemahasiswaan.Akan tetapi Hikam mengaku mereka kecewa dengan tanggapan Mujaid.“Ya tapi ujung-ujungnya ya kembali ke privat. Kita membiayai diri masing-masing dan disolusikan mugkin kalau orang tua mendengar, orang tua yang akan membantu,” ujar Hikam menjelaskan hasil perundingannya dengan Mujaid..

  Adanya pembekuan dana ini juga diamini oleh Roibin, Dekan Fakultas Syariah. Ia menerangkan bahwa fakultas tidak dapat mendanai pemberangkatan Azmi, Hikam, dan Firda, dikarenakan adanya pembekuan atau pemblokiran dana nasional dari negara. “Ya kendalanya itu karena pemblokiran. Kalau kita tetap memaksa mendanai pakai dana pemblokiran,ya nanti kita kena BPK”.Seperti halnya surat terlampir nomor Un, 3/ KU.00.1/4954/2016 yang di layangkan oleh pihak Rektor“Ia menjelaskan bahwa pemblokiran anggaran dana pendidikan dimulai sejak bulan oktober hingga saat ini. Lebih lanjut, ia juga menuturkan bahwa pemblokiran tersebut diputuskan oleh pemerintah. “Pemerintah kurang konfirmasi dana apa yang diblokir, ya jadi nggak ada yang berani menggunakan dana” imbuh Roibin.

  Kampus yang tidak mendanai kegiatan mahasiswa ini tidak hanya terjadi sekali, khususnya karena ada alasan pembekuan dana ini. Saat tidak ada pembekuan dana pun, fakultas pun pernah beberapa kali tidak memberikan dana kepada mahasiwa yang mengikuti kegiatan lomba. Seperti yang dipaparkan oleh Faqihus Silmi, mahasiswa Fakultas Syariah. pada bulan juni, sebelum ada kasus pembekuan dana, Faqih bersama lima orang temannya menjadi delegasi kampus dalam Lomba Debat Bahasa Arab di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. “Universitas maupun fakultas tidak sama sekali mendanai. Kemahasiswaan hanya meminta nota anggaran dana yang telah kita gunakan saja,” ungkap Faqih.

  Faqih menuturkan,sebelum mengikuti lomba pun ia sempat mengajukan proposal untuk keberangkatan lomba, tapi tidak mendapatkan tanggapan dari pihak Kemahasiswaan. “Mintasurat delegasi dari kampus aja sulitnya minta ampun,” ujar Faqih.Akhirnya, mereka memutuskan untuk iuran agar bisa berangkat lomba.

  Setelah berhasil menjadi juara pertama dalam perlombaan tersebut, pihak Kemahasiswaan meminta nota pendanaan yang telah digunakan oleh mereka. Namun, hingga kini, mereka belum mendapatkan pengganti uang yang mereka pergunakan untuk berangkat lomba.“Hingga kini masih belum cair sepeserpun. Padahal kita lombanya udah jauh-jauh hari,” ujar Faqih. [Desyana Fadhilatin Nafitri]

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

Leave a Reply