Laman PBAK Semrawut, Maba Kalang Kabut

Mahasiswa Baru (Maba) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang merasa bingung dengan penugasan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2018. Farah Fauzia salah satu peserta mengeluhkan terkait adanya permasalahan di laman pbak.uin-malang.ac.id. “Web-nya masih error, jadi ini nunggu sampai webnya udah selesai baru bisa diunggah,”. Ujar maba Jurusan Biologi tersebut (12/8).

Hal yang sama diungkapkan oleh Mahmud Yusuf Afif. Menurutnya, sistem yang digunakan oleh panitia acara kurang matang karena maintenance web terlalu mepet dengan acara PBAK. Ia mengaku menjadi korban karena interface website yang berubah-ubah. “Saya mengunggah salah satu berkas tadi malam dan baru tahu kalau prosedur pengunggahan tugas tersebut keliru. Saya coba menghapus berkas yang terlanjur diunggah dan hasilnya pun nihil,”. Ungkap maba jurusan manajemen itu.

Menurut Mahmud, laman tersebut tidak memiliki kesiapan yang matang, selain itu kualitas server juga kurang mumpuni untuk menampung maba yang ingin membuka laman. Ia berharap agar kualitas dan kapasitas laman PBAK dapat diperbaiki lagi dan dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Terkait kualitas server laman pbak.uin-malang.ac.id, Mukhlish Fuadi, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pusat Data (PTIPD) memberikan tanggapan. Menurut Mukhlish, yang menjadi masalah bukanlah servernya, melainkan script program Laman pbak.uin-malang.ac.id. “Script itu kan berhubungan dengan coding programnya dan menggunakan algoritma dalam pengoperasiannya,” tuturnya. Ia mengumpamakan kerja algoritma dalam coding seperti berjalan dari gedung Rektorat menuju gedung Student Center. “Banyak jalan yang bisa diambil, tergantung pada programernya memilih jalan mana yang tercepat dan itu tergantung pengalaman,” pungkasnya.

Laman pbak.uin-malang.ac.id digunakan sebagai pusat informasi resmi terkait PBAK, sekaligus sebagai wadah bagi maba untuk mengumpulkan penugasan yang diberikan. Mekanisme komunikasi antara pengguna dengan sistem laman atau yang biasa disebut dengan interface yang ditujukan untuk mereka.

Menurut data yang masuk di grup kepanitiaan sampai pukul 22.00 WIB (13/8) ada lebih dari 50 nama yang mengalami masalah login. Hal ini juga dirasakan oleh Maba dari Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, M. Shohih Salimul Uqba mengatakan “Penugasan secara online menurut saya sangat kurang maksimal, seperti tidak bisa login, padahal sudah menggunakan NIM dan password yang benar,”.

Menanggapi berbagai keluhan dan gangguan pada laman pbak.uin-malang.ac.id, Fahudi selaku koordinator panitia Sie Teknologi Informasi dan Komunikasi menjelaskan secara itung-itungan teori sudah, masalahnya itu kan dalam skala besar. Secara konsep, tambahnya sudah kita persiapkan berbulan-bulan. Kita sudah uji-coba secara teknis, tapi tidak memungkinkan dalam skala besar. “Mau gimana lagi, yang namanya aplikasi ya kita tahu faktanya pas hari H. Ini kita mulai perbaiki, sudah menjadi catatan kita,” katanya []

Leave a Reply