Laporan Praktikum, Tujuan dan Realitamu Kini

Menulis laporan praktikum atau lebih praktis disebut laprak merupakan kegiatan yang tak bisa dilepaskan sebagai mahasiswa, khususnya mahasiswa FMIPA yang seolah-olah tiada hari tanpa praktikum. Penulisan laprak sendiri merupakan pembelajaran yang dicanangkan oleh instansi pendidikan tinggi, tujuannya adalah untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam menuangkan hasil praktikum di laboratorium sebagai tulisan agar nantinya mahasiswanya mampu mengkomunikasikan skill dan intelektualitas yang ia miliki. Penulisan laprak bagi mahasiswa FMIPA juga menjadi modal penting bagi “keberlangsungan hidup” studi akademisnya. Mirisnya keadaan di lapangan sangatlah berbeda dari apa yang ditujukan, laprak menjadi momok yang menakutkan, sampai-sampai tujuan asalnya menjadi pudar. Hal tersebut tentunya tidak terjadi secara spontan layaknya reaksi dengan energi bebas Gibbs kurang dari nol, namun ada beberapa faktor yang menjadi sebabnya.

Laporan menjadi beban yang tak terkira beratnya

Disamping rindu kepada gebetan, laporan praktikum merupakan hal berat lain yang dipikul oleh mahasiswa. Banyaknya judul praktikum dan padatnya jadwal kuliah menjadikan rasa berat itu sangat menjadi. Tak sedikit yang kebingungan membagi waktu untuk keduanya, terlebih bagi para aktivis, seolah-olah ia butuh jam tambahan walaupun sejam dalam sehari baginya. Misalkan saja dalam seminggu ada 5 judul praktikum yang harus diselesaikan dan ada kuis bagi 3 matakuliah lainnya, bantal menjadi dingin merindukan rambut sang empunya. Jangankan bagi si aktivis, “sikupu-kupu” pun tak sedikit yang menyuarakan keluhkesahnya di akun sosmednya yang penuh dengan meme, bahan fangirling, juga tak tertinggal screenshoot dari permainan di androidnya. Berat, kan?

Asisten si praktikum, agenda pembimbingan yang membuat bimbang

Segala sesuatu yang berkaitan dalam laporan seolah tak ada yang asyik, salah satunya adalah asisten si praktikum, baik asisten si pra- maupun pasca-praktikum keduanya sama-sama menjengkelkan. Terkadang asisten si pra-praktikum mengambil jam yang tidak masuk akal, dan asisten si pasca-praktikum yang menyita jam kosong di sela-sela jam kuliah. Asisten si pada dasarnya adalah kegiatan singkat yang dilakukan agar praktikan mampu menjalani praktikum dengan lancar hingga selesainya penulisan laprak. Namun tak sedikit asisten yang bersifat layaknya diktator, alih-alih membimbing mereka justru menjadi makhluk yang suka sekali mendikte praktikan. Buktinya seperti pada chat yang baru saja saya peroleh.

Foto Lampiran

Segelintir asisten bahkan lebih parah lagi, tidak menguasai judul praktikum yang menjadi tanggung jawabnya, kurang tegas dalam membimbing praktikan, juga tak memiliki standar penilaian yang jelas. Jadi bersyukurlah kalian apabila dibimbing oleh asisten yang cakep,tegas, pandai, dan pengertian.

Laporan menjadi ajang pelatihan penjiplakan

Entah term ini hanya berlaku di kampus tercinta saya atau juga berlangsung di kampus lain, namun dengan mindset mahasiswa zaman now saya rasa term ini berlaku di hampir seluruh kampus. Tak sedikit mahasiswa yang me-nafi-kan tujuan mulia laporan praktikum. Alih-alih belajar dari laprak terdahulu, malah menyalin hampir seluruh isi laprak yang sudah ada, mulai dari internet dan hasil pinjam sana-sini. Hal tersebut tentu menyebabkan praktikan kurang memahami bagaimana cara untuk menganalisa sebuah permasalahan dan bagaimana menyelesaikannya. Disamping itu tak sedikit mahasiswa yang menjadi kebingungan ketika melakukan ujian kompre dan penyusunan skripsi karena terlalu sering copy-paste tulisan orang lain tanpa memahami maksudnya.

Pada akhirnya, semua akan kembali pada prinsip sang mahasiswa. Entah dia akan mencoba untuk menjadi pujangga dan menuangkan analisa kasarnya di lembar-lembar kosong laprak dan bersabar dengan kerasnya proses, atau meneruskan perjuangan admin terselubung.com dengan skill copast yang mumpuni dan suka nyinyir di sosmednya betapa berat tugas yang ia emban.

[Fikri Haikal – Mahasiswa Kimia UIN Malang 2016]

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

One thought on “Laporan Praktikum, Tujuan dan Realitamu Kini

Leave a Reply