Mahasiswa Keluhkan Ketidakbersihan Gedung Student Center (SC)

Dewi Mashithoh, mahasiswi jurusan Hukum Bisnis Syariah (HBS) UIN Malang, mengungkapkan kekecewaannya terhadap kebersihan Gedung Student Center (SC). “Kotornya SC terutama di pojok-pojok gedung, barang-barang berserakan kayak gak ada gudang,” ungkap Dewi. Menurutnya, kondisi Gedung SC yang kotor sangat mengganggu aktivitas para anggota UKM. Terlebih, Gedung SC menjadi gedung utama tempat mahasiswa berkegiatan di UKM.(21/11)

Senada dengan Dewi, Abdul Hakim mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam, mengatakan bahwa dirinya kerap melihat sampah berserakan di area tribun dan kamar mandi. “Gedung SC sering dipakai acara besar, namun miris kebersihannya,” keluh mahasiswa yang akrab disapa Hakim tersebut.

Joko Purwantoro selaku koordinator kebersihan UIN Malang zona utara, tidak menampik bahwa Gedung SC memang kurang terjaga kebersihannya.“Paling kotor kamar mandi, tangga- tangga sebelah timur, barat, utara, di UKM Mapala, di depan-depan UKM,”tegas Joko pada 21/11.

Kurangnya personil kebersihan di UIN Malang, dinilai Joko menjadi salah satu penyebab Gedung SC tidak terjaga kebersihannya. “Petugas kebersihan semakin hari makin sedikit. Akibatnya kerja kami kurang maksimal,” ujar  Joko.Dari total 23 personel kebersihan di UIN Malang, menurut Joko, tidak ada yang bertugas membersihkan Gedung SC. Ke-23 personel tersebut disebar untuk membersihkan area gedung fakultas, gedung perkuliahan, perpustakaan, dan rektorat. Joko lantas berinisiatif untuk mengambil alih tugas membersihakan Gedung SC.“Meskipun di SC kekosongan petugas kebersihan, saya dan Pak Usman (koordinator kebersihan zona selatan) berusaha membersihkan SC,” lebih lanjut Joko.

Tugas membersihkan kampus juga dikerjakan oleh bagian outsourcing yang diambil dari perusahaan PT Werbel Indonesia Services. Andre selaku pimpinan outsourcing, juga mengaku bahwa kebersihan Gedung SC bukan menjadi tanggung jawab pihaknya.“Kami outsourcing dari pihak perusahaan. Area kebersihan kami mencangkup gedung A,B,C dan dua masjid serta rektorat lantai satu. Jadi, SC bukan wewenang kami,” terangnya.

Menanggapi kekosongan petugas kebersihan di Gedung SC, Ahmad Zubairi selaku Kepala Bagian (Kabag) Umum mengakui terkait kurangnya petugas kebersihan di UIN Malang.Menurut Zubairi, masalah kebersihan Gedung SC berada di bawah wewenang Subbagian (Subag) Rumah Tangga, “Kabag umum menaungi Subag rumah tangga. Ia membawahi koordinator kebersihan. Nah,tugasnya koordinator mengawasi petugas. Jika kurang tenaga, maka koordinator ikut membersihkan,” jelasnya saat ditemui di Gedung Rektorat.(15/12)[Ahmad Solihin]

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

Leave a Reply