Pasar Merjosari Dipindah, Sri: Malah Merugikan Orang-Orang Kecil

Pemindahan Pasar Merjosari (6/4) disayangkan oleh beberapa warga sekitar Pasar Merjosari. Seperti yang diungkapkan Sri Hartini, wanita yang sehai-hari bekerja sebagai penjual bubur keliling di sekitar Merjosari. Ia lebih memilih Pasar Merjosari tetap dijadikan pasar daripada Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). “Orang-orang kecil bisa jualan, kalau tetap dipindah banyak yang dirugikan, yang bawa dokar gak bisa, yang bawa becak juga  gak bisa. Malah merugikan orang-orang kecil.” Ujar Sri.

Tidak hanya Sri, Siti warga yang bertempat tinggal di sekitar Pasar Merjosari, juga menolak jika Pasar Merjosari dipindahkan. Ia mengatakan jika nantinya Pasar Merjosari dipindahkan akan menambah pengeluaran untuk biaya transportasi. “Semula ke pasar gak ada biaya transportasi, sekarang tambah ada biaya trasnportasi. Semula ke pasar jalan kaki, jadi naik angkot. Padahal dekat, Nunggu angkutan lama dan belum juga macet.” Tutur Siti.

Senada dengan Sri dan Siti, Nur Diyanto yang sehari-hari bekerja sebagai Juru Parkir Pasar Merjosari juga merasa dirugikan jika memang Pasar Merjosari ini jadi dipindah. “Dulunya saya kerja sebagai Kuli Bangunan, tapi setelah ada Pasar Merjosari ini saya kerja disini dan sekarang pekerjaan ini sudah jadi pekerjaan yang utama. Jika Pasar Merjosari ini dipindah akan banyak yang nganggur.” Tutur pria yang juga menjadi anggota Karang Taruna Merjosari tersebut.

Pemindahan Pasar Merjosari ke Pasar Dinoyo juga menjadi masalah tersendiri bagi para Pedagang yang tidak memiliki lapak permanen. Salah satunya Rahayu, ia menolak jika Pasar Merjosari dipindah ke Pasar Dinoyo tidak ada tempat baginya untuk membuka lapak disekitar Pasar. “Di Pasar Merjosari tempatnya lebar dan jualannya sudah ramai” Ujar Rahayu. Ia juga menambahkan, kalau di Pasar Dinoyo sewanya mahal dan belum tentu juga ramai. [Nur Baiti Purnamasari]

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

Leave a Reply