Pembongkaran Pasar Merjosari, Sabil : Sosialisasi Tidak Efektif

Pembongkaran Pasar Merjosari pada Rabu (6/4) yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polisi, dan TNI mendapat protes keras dari pedagang pasar merjosari. Pasalnya menurut Sabil El Achsan pemberitahuan tentang pembongkaran pasar dirasa tidak tepat sasaran. “Kalau pemkot ingin memberitahukan seluruh warga atau Pedangang Pasar Merjosari minimal dikasih baliho-baliho yang ditaruh di Merjosari bukan di Tlogomas, Sardo, Dinoyo bahkan di Singosari,” ujar pria yang juga menjadi Koordinator Pedagang Pasar Merjosari tersebut.

Sabil juga menyayangkan beredarnya isu jika pembongkaran pasar merupakan hadiah bagi ulang tahun Kota Malang. “Terima gak kalau pembongkaran ini dibuat hadiah?” tuturnya. Miswah salah satu Pedagang Pasar Merjosari juga mengatakan hal yang serupa, menurutnya tidak selayaknya ulang tahun Kota Malang diwarnai dengan penggusuran seperti ini.

Pasar Merjosari rencananya akan dijadikan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Rencana pengalihan fungsi pasar merjosari menjadi Rusunawa tersebut berdasarkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Malang. Dalam RTRW tersebut menyatakan jika wilayah Pasar Merjosari telah ditetapkan sebagai wilayah pemukiman. Menanggapi rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tersebut, Sabil menyayangkan karena Rusunawa nantinya tidak diperuntukkan warga miskin. “ketika mediasi didalam banyak saksinya bahwa yang mau dibangun Rusunawa bukan untuk warga miskin akan tetapi untuk kos-kosan mahasiswa, itu yang bilang adalah pihak Walikota,” tutur Sabil.

Menurut Abdul Kholiq salah satu Polisi yang menjaga ketertiban proses pembongkara pada Rabu kemarin hanya sebatas membongkar Kantor Pasar saja. “kami hanya akan membongkar kantor pasar bukan pasar,” ujarnya. Meski demikian Sabil dan Pedagang Pasar Merjosari lainnya khawatir jika nantinya tidak hanya Kantor Pasar saja yang dibongkar dan akan merembet ke lapak-lapak Pedagang. [Achmad Syauqi Ilal Jinan]

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

Leave a Reply