Polling: 33,6% Mahasiswa Tidak Akan Menggunakan Hak Pilihnya Dalam Pemira

Hasil polling yang diadakan oleh UAPM INOVASI pertanggal 17 Februari 2018 mencatat ada sebanyak 33,6% mahasiswa yang tidak akan memakai hak suaranya dalam Pemilu Raya (Pemira) 2018. Polling tersebut diikuti oleh 131 responden yang merupakan mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang. “Saya tidak merasakan efek apapun kalo ada pemira atau ada yg terpilih atau apalah itu,” tulis salah satu responden.

Ahmad Ainul Fahmi, selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum Universtitas (KPU-U) menerangkan jika golput adalah suatu ancaman dalam Pemira kali ini. Selain itu Ainul juga menjelaskan bila golput bisa terjadi karena kurangnya pemahaman terkait demokrasi bagi mahasiswa. “Golput disisi lain adalah kurang taunya mahasiswa tentang siapa pemimpinnya,” ujarnya.

INFOGRAFIS PEMIRA9X16

Selain tentang penggunaan hak suara mahasiswa UIN Maliki Malang dalam Pemira. Polling juga mendata jumlah mahasiswa tentang pengetahuan mereka perihal fungsi Dewan Eksektif Mahasiswa Univeristas (Dema-U) sebagai lembaga yang akan mereka pilih calon pemimpinya. Yang menunjukkan hasil jika 36,9% dari jumlah responden yang sama mengaku tidak mengetahui fungsi dari Dema-U. Sedangkan dalam proses pemilihan poling mendapatkan data jika 45,6% mahasiswa tidak memperhatikan visi dan misi calon yang akan mereka pilih.

Menanggapi adanya potensi mahasiswa yang tidak menggunakan hak pilihnya, KPU-U akan berusaha memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait demokrasi di kampus. “Kami akan mencoba mendobrak melalui debat kandidat para calon Ketua Eksekutif dan Anggota Legislatif saat kampanye dialogis yang akan dibuat outdor didepan SC, nanti akan ada debat kandidat dari calon dan akan banyak live music agar menarik minat,” tutur Ainul.

Adapun hasil polling yang didapat sebagai berikut. 93,8% mahasiswa mengetahui tentang Pemira. 66,4% mahasiswa yang akan menggunakan hak suarnya dalam Pemira. 61,2% Mahasiswa yang akan menggunakan suaranya dalam pemilihan ketua Dema-U. 54,3% mahasiswa memperhatikan visi dan misi calon dalam membuat keputusan. 46,2% mahasiswa akan memantau Program kerja dari Dema-U terpilih agar sesuai visi dan misinya.[]

Leave a Reply