Pulau Sempu: Empat Petugas dan Ribuan Pengunjung

Pulau Sempu, sebuah pulau kecil di selatan Pulau Jawa, merupakan wilayah Konservasi dan Cagar Alam yang ditangani oleh Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam Hayati (Balai Besar KSDA) Jawa Timur. Pulau dengan area seluas 877 hektar tersebut hanya diurus oleh empat personil dari Balai Besar KSDA Jawa Timur. “Petugas hanya empat orang dan sarana terbatas, sementara akses pulau sempu sangat terbuka, bisa lewat manapun mereka masuk,” ujar Siti Chadidjah Kaniawati, Kepala Sub Direktorat Pemolaan Kawasan Konservasi pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada Sosialisasi Pengelolaan Kawasan Konservasi Cagar Alam Pulau Sempu di Kota Malang, Rabu(14/9).

Ayu Dewi Utari, Kepala BKSDA Jawa Timur, juga mengeluhkan sedikitnya jumlah petugas yang bertugas di kawasan Cagar Alam Pulau Sempu. “Petugas kami hanya empat loh, gak ada pagarnya loh,” keluhnya.

Sedikitnya jumlah petugas tersebut berimbas pada jumlah pengunjung ilegal yang berkunjung ke Cagar Alam Pulau Sempu. Jumlah pengunjung di wilayah Cagar Alam Pulau Sempu sendiri yang berhasil di data oleh Balai Besar KSDA mencapai angka 2528 pengunjung pada tahun 2016. Jumlah ini relatif besar jika dibandingkan dengan wilayah Cagar Alam lainnya seperti Pulau Bawean dan Watangan Puger I yang masing-masing 876 dan 665 pengunjung. Dari 2528 pengunjung sempu tersebut hanya 4 kunjungan yang bertujuan untuk penelitian dan sisanya tertera lain-lain.

Sebagai kawasan Cagar Alam, Pulau sempu dalam UU No.5 Tahun 1990 menjelaskan bahwa di dalam kawasan Cagar Alam hanya boleh digunakan untuk kepentingan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kegiatan lainnya yang menunjang budidaya.

Menanggapi banyaknya pengunjung ilegal di Kawasa Cagar Alam Pulau Sempu, Ayu mengafirmasi jika banyaknya pengunjung ilegal tersebut akibat dari keterbatasan petugas. “Keterbatasan kami, kami sudah melakukan sosialisasi (Wisatawan dan Warga Setempat_Red). Kami sudah melakukan pembinaan, kami sudah memasang papan larangan tetapi tetap saja masuk ke dalam kawasan. Keterbatasan kami petugas menahan wisatawan ilegal,” ujarnya.

Ayu juga mengatakan jika kedepannya akan menambah jumlah petugas yang di tugaskan di kawasan Cagar Alam Pulau Sempu. “Kami juga tidak mungkin membangun pagar keliling pulau seluas 877 hektare. Kedepan akan diperbaiki pastinya dengan menambah personel serta sarana dan prasarananya,” tutur Ayu. [Achmad Gilang Rizkiawan]

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

One thought on “Pulau Sempu: Empat Petugas dan Ribuan Pengunjung

Leave a Reply