Realisasi Agenda Tanam Pohon

Panitia Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, berencana mengadakan agenda tanam pohon dalam salah satu rangkaian acara PBAK 2017 yang akan dilakukan pada hari Minggu (20/08). Untuk menyukseskan kegiatan tanam pohon tersebut, setiap kelompok yang beranggotakan 30 sampai 36 mahasiswa baru akan dikenakan biaya Rp. 250.000,-. Dengan adanya 100 kelompok dana keseluruhan yang dikeluarkan untuk menyukseskan acara tersebut sebesar Rp. 25.000.000,-. Tahun sebelumnya, hal yang serupa juga diterapkan dalam OPAK-U (Orientasi Pengenalan Akademik Kampus Universitas) 2016. Namun, kegiatan tersebut dinilai gagal oleh Mohammad Iqbal, Salah satu peserta OPAK-U 2016. “Yo lek menuruku yo gagal,” ungkap Iqbal.

Iqbal juga menambahkan bahwa kegagalan tanam pohon pada OPAK-U 2016 karena banyak dari tanaman tersebut mati. “Seharusnya mereka (Panitia_Red) ya sudah memikirkan bagaimana rencana kedepannya atau penanggulangannya biar gak rusak dan mati, bisa dengan cara kerjasama dengan pihak kampus untuk memelihara tanamannya, bukan malah langsung membiarkan. Lek maleh ngono kelihatannya ya pencitraan tok,” imbuhnya.

Menangapi hal ini, Ahmad Azhar Basyir selaku Steering Comite Acara mengaku sudah ada upaya untuk penanggulangan dan evaluasi untuk acara tersebut.  “Untuk penanggulangan pohon kita juga masih bertahap, barusan tadi pak Heru (Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama_Red)  sudah datang bilang ke ketua DEMA agar disiapkan tim,” ujarnya.

Azhar juga menambahkan jika kegiatan tanam pohon tersebut dilakukan untuk mengembalikan kampus UIN Malang agar kembali hijau. “Dulu kampus kita mendapatkan penghargaan dengan penataan kampus terbaik di Malang yang gedung, bangunan dan setelah itu rumput dan pohon yang teratur, nah saat ini hal seperti itu sedikit demi sedikit mulai terkikis,” tuturnya. [Mohammad Fajar Riyandanu]

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

Leave a Reply