Rizal Hafidz: Peran Kontribusi yang Seperti Apa?

Selasa (21/20), panitia penjaringan calon rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), mengadakan sosialisasi terkait pemilihan rektor baru, periode 2017-2021. Diadakannya sosialisasi ini menurut Suaib H Muhammad selaku ketua panitia penjaringan bakal calon rektor UIN Maliki Malang bertujuan agar mahasiswa turut berperan dalam pemilihan rektor. Namun, Rizal Hafidz selaku ketua umum Unit Olahraga (UNIOR), mempertanyakan perihal peran mahasiswa yang seperti apa yang diinginkan oleh panitia dalam pemilihan rektor kali ini. “Peran kontribusi mahasiswa yang seperti apa?” ujar ketua umum UNIOR yang kerap dipanggil Gabon tersebut.

Pasalnya, pemilihan rektor kali ini mengacu pada peraturan Kementrian Agama No. 68 Tahun 2015. Dalam pasal 8 menyatakan bahwa Penetapan dan Pengangkatan Rektor/Ketua dilakukan oleh Menteri. Sebagai acuan dalam mentukan pilihannya, Menteri akan memperhitungkan pertimbangan kualitatif dari anggota Senat Universitas.

Menanggapi pertanyaan Gabon, Suaib mengatakan bahwa peran mahasiswa hanya pada ranah memberi saran dan masukan saja. “Mahasiswa memberi masukan tentang kriteria rektor yang diinginkan” ujar Suaib. Usulan dari mahasiswa nantinya akan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi anggota Senat dalam memberikan pertimbangan secara kualitatif.

Para anggota senat yang berjumlah 28 orang, akan melakukan rapat senat tertutup pada tanggal 10 sampai 17 maret untuk menentukan pertimbangan mereka. Selanjutnya pertimbangan tersebut akan dimasukkan kedalam amplop dan dikirim ke Kemenag. “akan dikirim dan baru dibuka di kementrian agama” ujar Suaib. Pertimbangan kualitatif tersebut meliputi aspek moralitas, kepemimpinan, manajerial, kompetensi akademik, dan jaringan kerja sama.[Achmad Gilang Rizkiawan]

UAPM Inovasi
Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI, salah satu lembaga pers mahasiswa di Kota Malang, yang masih peduli dengan permasalahan sosial di lingkungan kampus serta sekitarnya.
http://uapminovasi.com

Leave a Reply