Kamu disini
Home > Tentang Kami

Unit Aktivitas Pers Mahasiswa (UAPM) INOVASI adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Maliki Malang yang bergerak di bidang jurnalistik. Dengan visi “Memihak Kesadaran Nurani” UAPM INOVASI berkomitmen untuk memaksimalkan potensi civitas akademika melalui kegiatan jurnalistik. UAPM INOVASI juga berusaha untuk menjadi media kritis UIN Maliki Malang.

UKM yang sebelumnya bernama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) ini, didirikan pada tanggal 21 Maret 1986 dengan program inti menerbitkan buletin mahasiswa INOVASI pada tahun 1991.

Proses berlanjut. Pada tahun yang sama, bulletin kecil INOVASI bermetamorfosis menjadi sebuah majalah dengan nama yang sama yaitu INOVASI.

Pada tahun 1997 LPM berubah menjadi UAPM. Komitmen untuk menjadi wadah gerakan tulis-menulis seluruh elemen mahasiswa di semua jurusan pada waktu itu menjadi dasar perubahan ini. Dengan muka dan tampilan baru itu, UAPM INOVASI tidak hanya berfungsi sebagai lembaga penerbitan saja, tetapi juga bertanggungjawab atas penguatan pola piker dan sikap anggotanya.

UAPM INOVASI memiliki bagian lain yang tidak kalah penting, yaitu mengasah kemampun di bidang desain grafis, fotografi, karikatur, penguatan wacana kritis dan minat/bakat lain yang terkait dengan bidang jurnalistik.

Kini UAPM INOVASI memiliki empat media yang memiliki proporsi peliputan berbeda. Majalah INOVASI sebagai media utama, memberitakan peristiwa dalam lingkup kampus sampai lingkup nasional. Pemberitaan Majalah INOVASI bersifat Depth News yang kritis analitis. Majalah  INOVASI  menerima tulisan dari kontributor (non-anggota) sesuai kesepakatan redaksi.

Buletin Patriotik lahir untuk menjamin kebutuhan civitas akademika akan sajian analitis kritis terkait arah pembangunan kampus. Pemberitaan Buletin Patriotik bersifat Straight News maupun Depth News. Buletin Patriotik juga menerima tulisan dari kontributor (non-anggota) sesuai kesepakatan redaksi.

Koran Tempel Q-Post merupakan media menulis yang bersifat rutin. Dengan pemberitaan yang bersifat Straight News, Koran Tempel Q-Post memiliki fokus pemberitaan peristiwa yang harus segera diberitakan.

Media berikutnya adalah website uapminovasi.com dan media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) sebagai media untuk menyebarluaskan karya anggota UAPM INOVASI berupa berita dan/atau non-berita secara online. Uapminovasi.com juga menerima tulisan dari kontributor (non-anggota) sesuai kriteria di ”mari berkontribusi”.

Dengan demikian, UAPM INOVASI selalu berproses untuk mengemban amanat dalam memihak kesadaran nurani serta memberikan sumbangan kebudayaan kepada masyarakat melalui media massa.

Salam Setengah Merdeka…!!!!

Tim Redaksi UAPM INOVASI

Leave a Reply

Top